Thursday 17 April 2014

Choco Pandan Butter Cheese Brow


Sebagai wanita yang berumah tangga tentunya kita ingin selalu membuat happy seluruh anggota keluarga dengan hal - hal yang menyenangkan. Tanpa terkecuali saya pribadi. Sebagai seorang wanita yang bekerja dan sekaligus menjadi seorang ibu, saya ingin selalu memberi perhatian pada anak dan suami dengan hidangan - hidangan yang semakin membuat hangat seisi rumah. Karena salah satu hobi saya mojok di dapur (kaya tempat hangout ajjah hihihi), jadilah berbagai macam kudapan yang bisa dinikmati seisi rumah. Lebih hemat, higienis dan tentunya enak.



Nah, kali ini ladies saya ingin berbagi resep salah satu kue yang sering saya bikin dirumah, saat senggang dan bahkan bisa disuguhkan saat tamu bertandang dirumah. Mungkin semua sudah umum dengan yang namanya brownies. Tapi tidak ada salahnya anda juga mencoba resep yang saya bagi ini. Murah saja kok, daaannn ssssstt kalau ada arisan dirumah gak perlu pesan kesana kemari, kecuali kalau anda tidak punya waktu lagi untuk bikin sendiri, hihihi.

Saya kasih nama Choco Pandan Butter Cheese Bro, duuh panjang banget yang namanya. Nih resepnya, catet yaahhh ???

Bahan untuk cake :


  • Telur 6 butir
  • 1/2 sdt SP atau emulsifier
  • Gula 200 gram
  • Tepung terigu (saya pakai yang cap segitiga) 150 gram
  • Coklat bubuk 25 gram
  • Dark coklat 50 gram (lelehkan)
  • White coklat 50 gram (lelehkan)
  • Essence pandan cukup 3 tetes saja (biasanya sudah dikemas dalam botol tinggal teteskan saja)
  • Minyak goreng 75 ml
  • Susu milk putih 1 sachet
Topping :
  • Siapkan butter cream (bisa beli instan di TBK)
  • Keju yang sudah diparut
Cara :
Campurkan telur, SP dan gula, mixer sampai putih dan mengembang. Masukkan tepung terigu, susu milk, dan minyak goreng, aduk rata. Bagi adonan pada 2 tempat berbeda.
Adonan pertama, tambahkan coklat bubuk dan dark coklat, aduk rata. 
Adonan kedua, tambahkan 3 tetes essence pandan dan white coklat, aduk rata.
Langkah selanjutnya masukkan adonan pertama dalam loyang ukuran 20x20cm yang sudah dioles margarin dan dialasi kertas roti, kukus selama 10 menit, setelah itu masukkan adonan kedua menumpuk diatas adonan pertama,dan kukus kurang lebih 20 menit.

Setelah masak, angkat dan dinginkan, oles dengan butter cream dan taburi dengan keju yang sudah diparut, dan potong - potong sesuai selera. Siap dihidangkan. Selamat mencoba.

Note : Kalau ingin rasa cake tidak terlalu manis bisa mengurangi takaran gula.

1 comment: